• AD ART MGMP
  • PENGURUS MGMP
  • PROGRAM KERJA MGMP
  • JADUAL KEGIATAN MGMP
  • VISI MISI MGMP
  • ANGGOTA MGMP
MGMP Bahasa Inggris SMP Kab. Lumajang
  • BERANDA
  • MEDIA PEMBELAJARAN
    • MODEL PEMBELARAN
  • MODUL
  • LEMBAR KERJA
  • FOTO KEGIATAN
  • DAFTAR HADIR
  • PERANGKAT KBM
    • SILABUS
    • RPP
    • KKM
    • PROGRAM TAHUNAN
    • PROGRAM SEMESTER
    • PROGRAM REMIDI
    • PROGRAM PENGAYAAN
    • CONTOH SOAL
  • SEKILAS INFO
Home » MEDIA PEMBELAJARAN » Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.  Dalam Proses belajar mengajar di kelas, Media berarti sebagai sarana yang berfungsi menyalurkan pengetahuan dari Guru kepada peserta didik. Kelancaran Aplikasi Model Pembelajaran sedikit banyak ditentukan pula oleh Media Pembelajaran yang digunakan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam penelitian Kuantitatif maupun Kualitatif juga menjadi ukuran penting dalam proses pembuktian  hipotesa. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Dari ketiga pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.



Brown (1973) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran. Pada mulanya, media pembelajaran hanya berfungsi sebagai alat bantu guru untuk mengajar yang digunakan adalah alat bantu visual. Sekitar pertengahan abad Ke –20 usaha pemanfaatan visual dilengkapi dengan digunakannya alat audio, sehingga lahirlah alat bantu audio-visual. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya dalam bidang pendidikan, saat ini penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif, seperti adanya komputer dan internet.
Media memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
  1. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model, maupun bentuk gambar – gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial.
  2. Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta didik tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena : (a) obyek terlalu besar; (b) obyek terlalu kecil; (c) obyek yang bergerak terlalu lambat; (d) obyek yang bergerak terlalu cepat; (e) obyek yang terlalu kompleks; (f) obyek yang bunyinya terlalu halus; (f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu dapat disajikan kepada peserta didik.
  3. Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
  4. Media menghasilkan keseragaman pengamatan
  5. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
  6. Media membangkitkan keinginan dan minat baru.
  7. Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
  8. Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak
Terdapat berbagai jenis media belajar, diantaranya:
  1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), LCD Proyektor dan sejenisnya
  4. Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
  5. Study Tour Media : Pembelajaran langsung ke obyek atau tempat study seperti Museum, Candi,      dll.
Sejalan dengan perkembangan IPTEK penggunaan media, baik yang bersifat visual, audial, projected still media maupun projected motion media bisa dilakukan secara bersama dan serempak melalui satu alat saja yang disebut Multi Media. Contoh : dewasa ini penggunaan komputer tidak hanya bersifat projected motion media, namun dapat meramu semua jenis media yang bersifat interaktif.
Allen mengemukakan tentang hubungan antara media dengan tujuan pembelajaran, sebagaimana terlihat dalam tabel di bawah ini :
Jenis Media
1
2
3
4
5
6
Gambar Diam
S
T
S
S
R
R
Gambar Hidup
S
T
T
T
S
S
Televisi
S
S
T
S
R
S
Obyek Tiga Dimensi
R
T
R
R
R
R
Rekaman Audio
S
R
R
S
R
S
Programmed Instruction
S
S
S
T
R
S
Demonstrasi
R
S
R
T
S
S
Buku teks tercetak
S
R
S
S
R
S
Keterangan :
R = Rendah S = Sedang T= Tinggi
1 = Belajar Informasi faktual
2 = Belajar pengenalan visual
3 = Belajar prinsip, konsep dan aturan
4 = Prosedur belajar
5= Penyampaian keterampilan persepsi motorik
6 = Mengembangkan sikap, opini dan motivasi


Kriteria yang paling utama dalam pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Contoh : bila tujuan atau kompetensi peserta didik bersifat menghafalkan kata-kata tentunya media audio yang tepat untuk digunakan. Jika tujuan atau kompetensi yang dicapai bersifat memahami isi bacaan maka media cetak yang lebih tepat digunakan. Kalau tujuan pembelajaran bersifat motorik (gerak dan aktivitas), maka media film dan video bisa digunakan. Di samping itu, terdapat kriteria lainnya yang bersifat melengkapi (komplementer), seperti: biaya, ketepatgunaan; keadaan peserta didik; ketersediaan; dan mutu teknis.
Posted by EnglishForum on 2.9.15 - Rating: 4.5
Title : Pengertian Media Pembelajaran
Description : Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu peran...
Tweet

0 Response to "Pengertian Media Pembelajaran"

Post a Comment

Newer Post
Older Post
Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

LINTAS MGMP BAHASA INGGRIS

  • Media Pendidikan Ber-IT
    Membuat Game Pembelajaran dengan Kahoot
    3 years ago
  • Sekolah TOEFL Gratis
    Dibuka! Pendaftaran Siswa Baru Sekolah TOEFL Periode 15
    4 years ago
  • mELTing Activities, Lessons and Ideas
    Linguistic Card Game for students
    7 years ago
  • MGMP BHS INGGRIS SOLO
    Kisi-kisi UKK kls 8 - Kurtilas
    8 years ago
http://picasion.com/

ENGLISH FORUM'S MARKET

  • Planet Pulsa Murah Jember
    Planet Pulsa Murat Kota Metro Jember
    9 years ago
  • Kriya House
    Kotak Tisu Rajut
    11 years ago
http://picasion.com/
maker gif

INFO PENDIDIKAN & BKD LUMAJANG

  • Sekolah TOEFL
    Dibuka! Pendaftaran Siswa Baru Sekolah TOEFL Periode 15
    4 years ago
  • Bidang SM Lumajang KWT
    BIOUN OFLINE 17-18 SMP-MTs
    7 years ago
  • UPDB KAB. LUMAJANG
    HASIL PENILAIAN 1 JULI 2017
    8 years ago
  • Syamsul Hadi Blog
    LOMBA 3 M DI CANDIPURO
    8 years ago
  • BKD KAB. LUMAJANG
    JAMINAN KECELAKAAN KERJA - JAMINAN KEMATIAN (JKK-JKM) PNS
    8 years ago
  • MGMP BAHASA INGGRIS
    Paparan Modul Guru Pembelajar KK-A Bahasa Inggris Pedagogik
    8 years ago
  • MKKS SMP NEGERI LUMAJANG
    Update: Materi Esensial UKK Bahasa Indonesia
    9 years ago
  • Pengisian PUPNS
  • Quipper School LINK

LINTAS MGMP SMP LUMAJANG

  • MGMP IPA SMP LUMAJANG
    Workshop Penyusunan Soal HOTS MGMP IPA Kab Lumajang (Rabu-Kamis / 10-11 Oktober 2018)
    6 years ago
  • MGMP PAI SMP LUMAJANG
    8 years ago
  • MGMP MATEMATIKA LUMAJANG
    8 years ago
  • MGMP PJOK SMP LUMAJANG
    MGMP PJOK LUMAJANG DI PON JABAR 2016
    8 years ago
  • MGMP IPS LUMAJANG
    9 years ago
  • MGMP BAHASA INDONESIA
    Peringkat Lomba Cipta Puisi
    9 years ago
  • MGMP SENI BUDAYA
    Pengertian Seni Tari
    9 years ago

DAFTAR ISI MGMP BAHASA INGGRIS

Copyright © 2015 MGMP Bahasa Inggris SMP Kab. Lumajang - All Rights Reserved
Designed by MGMP Bahasa Inggris - Powered by MKKS SMP Kab. Lumajang